23 August 2015

Low Budget Trip to Maldives - Day 1

15 Agustus 2015, akhirnya hari yang ditunggu-tunggu tiba.. Semua perasaan bercampur aduk, antara senang, antusias, deg-deg an, sedikit ngeri-ngeri sedap menjadi satu. Berharap banget informasi yang dicari-cari di internet selama ini tidak jauh berbeda..

Dikarenakan penerbangan nya dari Jakarta adalah jam 7:40 malam, maka kami berangkat dari rumah yang terletak di area Jakarta Barat jam 5 sore dengan menggunakan taksi Blue Bird.. Sebelum ke Bandara, kami sudah beli makanan sebagai persiapan bekal makan malam di bandara..

Sesampai nya di bandara jam 6 sore, kami langsung melakukan check-in terlebih dahulu di counter Tiger Air di Terminal 2 Soekarno Hatta. Dikarenakan flight ke Maldives adalah connected flight, maka kami tidak bisa melakukan web check-in.. Sistem menyarankan untuk melakukan check-in di counter.. Sesampai nya di counter check-in, antrian nya cukup panjang dan memakan waktu cukup lama di counter, hampir 40 menit.. Banyak juga yang berangkat untuk liburan ke Singapore waktu itu, mulai dari warga negara Indonesia yang ingin wisata disana, beberapa pasangan orang Malaysia (dari logat melayu nya dan paspor ditangan nya), beberapa pasangan dengan logat Singlish yang kental, dan beberapa bule-bule. Dikarenakan kami check-in tanpa bagasi, maka proses nya lumayan cepat, dan kami langsung menuju ke gate D4 sesuai informasi yang tercetak di boarding pass. Sebelum kami masuk ke ruang tunggu di gate D4, kami makan malam terlebih dahulu (ada kursi-kursi yang disediakan pihak bandara sebelum security check ke ruang tunggu)..

Tepat jam 7:15 seluruh penumpang sudah di perbolehkan untuk boarding ke dalam pesawat.. Dikarenakan kami duduk di row 21, maka kami di perbolehkan untuk masuk ke pesawat terlebih dahulu (row 21-30 mendapat giliran pertama untuk masuk kedalam pesawat).. Tidak heran sih ketika masuk ke pesawat sudah nampak banyak orang duduk di kursi yang bukan di row 21-30... Disiplin orang Indonesia memang kurang.. Jam 7:40 pesawat berangkat lepas landas tepat waktu.. Penerbangan selama 2 jam tidak terasa lama, karena kami banyak mengobrol membahas apa saja yang mau dilakukan nanti selama di Singapore dan Maldives..

Selfie dulu di Pesawat sebelum Take Off
Jam 10:30 waktu Singapore (GMT+8), pesawat landing dan kami langsung menuju imigrasi untuk cap passport.. Pesawat Tiger Air mendarat di terminal 2 bandara Changi. Karena baru pertama kali naik connected flight menggunakan Tiger Air, ternyata maskapai ini berbeda dengan Air Asia. Jika connected flight Air Asia, penumpang tidak perlu keluar area imigrasi lagi dan dapat langsung ke counter flight transfer untuk mendapatkan boarding pass. Sedangkan Tiger Air mewajibkan penumpang nya keluar area Imigrasi, kemudian ke counter check-in lagi di luar di lantai 2 terminal 2 untuk mendapatkan boarding pass dan masuk lagi ke area imigrasi. Jika tidak mau proses ribet seperti ini, informasi nya bisa membeli Add On bernama Tiger Connect pada saat pembelian tiket (dan kami memang tidak beli), hehehehehe...

Dekorasi HUT SG ke 50 di Bandara Changi.. Cool....
Selesai check-in dan mendapatkan boarding pass, kami langsung melanjutkan ke area imigrasi untuk cap passport kembali. Berhubung untuk boarding pass yang di cetak di Singapore tidak di sertakan informasi gate untuk ruang tunggu, maka penumpang harus aktif cek di papan televisi yang di pajang di lantai 2 terminal 2 tepat setelah cap passport di area imigrasi.. Dikarenakan flight kami ke Male, Maldives tanggal 16 Agustus 2015 jam 9:35 pagi waktu Singapore, maka informasi gate belum tersedia di papan televisi. Informasi baru ditampilkan biasanya 2 atau 3 jam sebelum keberangkatan. Hari sudah larut malam dan kami langsung mencari tempat untuk istirahat tidur. Setelah bersih-bersih sikat gigi dan cuci muka, kami pun langsung bersiap untuk tidur.. Tidak lupa kami langsung setel alarm untuk jaga-jaga kalau tidur nya bablas.. Kami menyetel alarm untuk bangun jam 6 pagi..