22 August 2015

Maafushi Island, Maldives

Maafushi adalah salah satu pulau lokal yang menjadi tujuan kami.. Pulau nya gak besar-besar amat, kalau keliling ujung ke ujung, gak sampai 1 jam juga sudah keliling 1 pulau (tapi gk masuk gang-gang).. Selain ini adalah pulau lokal non-resort sehingga bisa mendapatkan penginapan dengan harga murah, juga pulau lokal ini menjadi salah satu pilihan turis asing karena pantai private nya lumayan oke... Tapi jangan langsung membayangkan image-image yang ditemukan di Mbah Google mengenai maldives dimana terhampar pasir putih dengan air sebening crystal jade, hehehehe... Karena pemandangan seperti itu hanya dapat dinikmati di resort-resort yang cukup merogoh kantong.. Jadi sia-sia donk ke Maldives kalau cuma menginap di pulau ini?? Eitss tunggu dulu, jangan cepat ambil kesimpulan.. Penginapan-penginapan (Hotel / Guest House) di pulau ini hampir semua nya menawarkan paket-paket excursion (wisata) ke resort-resot mewah juga kok..


Peta Maafushi Island

Jangan kaget kalau melihat peta ini, 1/3 pulau ini ternyata adalah Penjara... Walau namanya adalah Prison, tetapi setelah tanya dengan pengurus guest house, bahwa penjara di pulau ini bukan penjara untuk kriminal tingkat berat.. Kriminal yang di jebloskan di hotel prodeo ini adalah para tukang mabok dan pengguna narkoba... Woalah... kalau gitu mah namanya bukan penjara tepat nya, tetapi panti rehabilitasi.. Mungkin memakai nama prison biar kedengaran lebih garang aja, hehehehe..

Dan pastinya karena Maldives adalah negara dengan populasi penduduk lokal 100% adalah beragama Muslim, jadi untuk pulau-pulau lokal nya  tidak diperbolehkan berjualan minuman yang mengandung alkhohol (yang legal) dan daging *Ibab... Kalau mau teler, hepi-hepi dan mengkonsumsi daging non halal, disarankan ke resort-resort yang memang sudah mendapatkan otoritas lampu hijau dari pemerintah Maldives untuk berjualan :D.. Hampir kelupaan, Bikini juga tidak diperbolehkan digunakan di public beach, hanya boleh di gunakan di private beach doank..

No Bikini di Public Beach

Untuk referensi penginapan (hotel / guest house) yang menurut hasil survey kami cukup oke setelah keliling pulau Maafushi, ada beberapa yang recommended:
  • Ocean Vista Guest House (No 15 di Map) - Tempat nya walaupun dekat dengan penjara, namun aman kok.. Selain kamar nya bersih menurut kami (karena kami tinggal disini), staff nya juga sangat ramah sekali.. Hospitality nya mantap banget deh (walaupun sempat serem liat muka staff nya kayak kriminal, hehehehe)... Selain itu juga nilai plus yang kami berikan adalah lokasi nya dekat dengan Ferry Terminal (Jetty)
  • Kaani Beach Hotel (No 6 di Map) - Penampakan hotel nya oke banget, lokasi dekat dengan private beach, hanya jalan beberapa meter doank.. Banyak juga turis asing yang sekapal ternyata menginap disini ketika ditanya oleh driver speed boat.. Nilai plus yang kami berikan adalah paket excursion (wisata) nya paling murah dibandingkan dengan hotel-hotel atau guest house lainnya..
  • White Shell Island Hotel (No 31 di Map) - Sepertinya ini adalah satu-satunya hotel yang punya fasilitas Spa di pulau ini. Dan harga nya dibandingkan penginapan lainnya, lebih eksklusif (alias paling mahal, hehehe). Nilai plus nya adalah jarak ke ferry terminal dan private beach dekat..
  • White Shell Beach Inn (No 4 di Map) - Depan penginapan ini langsung langsung adalah private beach... Hasil survey kami, penginapan ini menyediakan transport Maafushi - Airport menggunakan speed boat paling murah, yaitu USD 25 per orang.. Lah, ada beberapa penginapan lain juga kok yang menawarkan transport dengan harga yang sama, kenapa ini paling murah?? Setelah cek dan ricek, penginapan lain nya mewajibkan ada minimal 4 orang yang booking. Jika dibawah 4 orang maka harga yang dikenakan adalah up to USD 100 per orang. Kebetulan saja kami cuma ber tiga dan paket transport yang di sediakan di penginapan ini tidak ada minimal-nya (perlu diperhatikan bahwa speed boat adalah sharing, bukan penggunaan private).. Kenapa bisa murah, karena banyak orang yang memakai jasa penginapan ini ternyata dan penginapan ini berkerja sama dengan salah satu jasa tour yang sudah punya nama di pulau ini, icom Tours (disamping No 23 di Map lokasi nya). Kalau booking langsung di icom nya kurang tahu juga sih, belum sempat cek :D
  • Arena Beach Hotel (No 5 di Map) - berlokasi tepat di sebelah White Shell Beach Inn, hotel ini juga depan nya adalah langsung private beach.. Hotel nya sih bagus, tapi gak cek kamar nya.. Dan banyak turis asing yang keliatan keluar masuk hotel ini.. suasana di depan hotel nya juga cozy banget. Kalau berencana untuk makan dinner buffet, hotel ini menyediakan paket dinner buffet seharga 10 USD per orang (belum include minum dan tax 10% serta 8% GST) dengan pilihan makanan yang lumayan oke. Dan tiap hari menu nya berbeda-beda.

Local shop juga mudah ditemukan di beberapa lokasi pulau ini... Hanya saja bagi yang bertransaksi di manapun (baik local shop, penginapan, ferry terminal, ataupun restoran) di Maldives, bukan di pulau ini saja, perhatikan uang yang di gunakan untuk kembalian... Sial banget saya mendapatkan kembalian uang (USD) yang busuk, kucel, dan uang nya pecahan versi lama pula... Saya kira karena USD dipergunakan secara luas disini, jadi lecek ataupun kucel tidak masalah lah.. Ternyata tidak... Uang kembalian yang saya terima sebesar USD 20 gak diterima dimana-mana.. bahkan sampai ketika saya kembali transit ke Singapore, money changer tidak mau terima juga... Untunglah cuma 1 lembar USD 20, hitung2 jadi koleksi saja..

USD 20 yang Dimaksud

No comments:

Post a Comment