23 September 2017

Budget Trip Japan - Day 4

Untuk perjalanan hari ke 4, tujuan kami adalah Edo Wonderland di Nikko. Di Edo Wonderland, kita bisa merasakan suasana Jepang seperti jaman-jaman era Samurai. Edo Wonderland merupakan theme park yang di sulap oleh Jepang hingga sedemikian rupa sehingga kita akan terbawa ke suasana jaman Edo dimana sekeliling kita ada para ninja, samurai, rakyat jelata, hingga hime (princess) berkeliaran. Jika beruntung, di sore hari nya bahkan kita bisa melihat Geisha beserta dengan rombongannya juga lho. Sangat recommended untuk teman-teman yang baru ke Jepang atau yang sudah ke Jepang tapi belum pernah ke sini.

Pemandangan di Depan Stasiun Nikko (JR). Bagus Bukan??

Jika teman-teman ada plan ke Edo Wonderland dan memegang JR Pass, maka trip ke Edo Wonderland sudah tercover fully by JR Pass. Lama perjalanan kurang lebih 2 jam-an ke Stasiun Nikko (JR). Dari Stasiun Nikko (JR), teman-teman cukup jalan ke luar dan kemudian ke arah kiri untuk menunggu shuttle bus ke Edo Wonderland. Shuttle bus ke Edo Wonderland nya free dan mudah dikenali karena ada gambar Edo Wonderland dengan Ninja dan karakter lainnya. Namun hanya pada jam-jam tertentu saja (10:00, 11:40, 13:25). Jadi saran saya sebaiknya spare 3 jam sebelumnya sudah ready berangkat ke Nikko, karena seat shuttle bus nya limited. Jika pada jam tersebut antrian cukup panjang, maka peluang dapat naik free shuttle bus menjadi susah. Opsi lain nya yaitu menggunakan bus berbayar (dapat di cek ke petugas di stasiun untuk nomor bus yang menuju ke Nikko). Lama perjalanan bus shuttle ke Edo Wonderland hanya 15 menit.

Free Shuttle Bus ke Edo Wonderland

Untuk tiket masuk ke Edo Wonderland adalah 4700 Yen. Namun saya sarankan untuk beli di travel di Indo dulu saja, karena lebih murah. Saya beli di HIS Travel seharga 432 Ribu ( http://his-travel.co.id/edo-wonderland). Tiketnya adalah open ticket, sehingga waktu perjalanan ke Edo Wonderland adalah fleksibel. Tidak di tentukan hari nya sebelumnya. Selama tiket tidak expired, maka dapat digunakan untuk 1x masuk ke Edo Wonderland.

Price List Sewa Kostum Edo Wonderland. Klik untuk Memperbesar.

Sesampainya kami di Edo Wonderland, kami langsung menuju tempat sewa kostum supaya suasana lebih blended dengan lokasi dan pastinya lebih photogenic donk, hehehehe... Harga sewa bervariasi tergantung kostum yang di inginkan. Untuk tim Pria, kami memilih kostum Samurai seharga 3900 Yen (sudah di pinjami sebuah pedang Katana asli pula - tapi tidak tajam sih kalau di cek, kwkwkwkw).. Sedangkan untuk tim Wanita, kami memilih yang murah meriah saja Towns Lady seharga 2900 Yen + Hair Setting seharga 500 Yen (Karena pilihan baju nya lumayan bagus walau harga nya paling murah). Setelah memilih kostum dan melakukan pembayaran ke kasir, maka kami di giring untuk masuk ke ruang ganti. Seluruh pakaian yang dikenakan perlu di lepas (hanya sisa dalaman saja lol) dan kemudian ada petugas yang akan membantu kami untuk mengenakan kostum nya (ternyata lumayan ribet pakai kostum nya, untung gak pakai sendiri hehehe). Setelah ganti kostum, kami akan diberikan loker untuk penyimpanan pakaian, tas, sepatu dll. Kami juga diberikan kantong gantungan (seperti bean bag) untuk simpan hp dan dompet / uang untuk berbelanja. Setelah kostum siap dipasang, kami pun siap keliling Edo Wonderland.

Jadi Lebih Kece kan Setelah Ganti Kostum hehehehe

Beberapa aktifitas yang dapat dilakukan di Edo Wonderland selain berbelanja pernak pernik dan souvenir serta mencicipi makanan di beberapa tempat makan dengan nuansa jaman Edo, adalah bermain di taman Maze, ada rumah hantu juga (tapi gk seram sih menurut kami), melihat beberapa pertunjukan theatre, dan yang wajib serta tidak boleh dilewatkan adalah Ninja Show. Apalagi yang bawa anak, dijamin akan senang sekali menonton pertunjukan Ninja Show. Pertunjukannya di kemas sedemikian rupa sehingga kesan nya adegan perkelahian menggunakan teknik yang sangat hebat serta di dukung latar dan nuansa theater yang keren membuat show yang satu ini wajib dan tidak boleh di lewatkan. Sayang kita tidak di perbolehkan mengambil foto atau video (kena denda uiy kalo ketahuan, jadi yah gak mau nekat lah kwkwkw). Oh iya, jangan lupa juga cari mascot Edo Wonderland (orang yang memakai kostum kucing putih) untuk foto bareng untuk kenang-kenangan Edo Wonderland juga yah.

Miaww... Foto Bersama Mascot Edo Wonderland

Setelah puas dari Edo Wonderland, kami berencana ke tempat Onsen yang lokasi nya dekat dengan Edo Wonderland untuk berendam air panas. Maka kami pun bergegas ganti pakaian dan naik bus regular ke Kinugawa Onsen Station (210 Yen per orang). Informasi nya sih banyak tempat Onsen di sekitar Kinugawa Onsen Station. Sesampai nya di Kinugawa Onsen Station, kami mengunjungi local tourist information centre yang ada di seberang station dan meminta informasi tempat-tempat Onsen yang dapat kami kunjungi. Setelah mendapatkan info nya, kami pun berjalan menuju lokasi Onsen. Sayang beberapa Onsen yang kami kunjungi tidak menyediakan private Onsen, hanya public Onsen saja (tetap di pisah antara Pria dan Wanita kok, tenang saja tidak di campur hehehehe). Tapi karena pada Jaim dan tidak nyaman di public Onsen, akhirnya kita membatalkan niat untuk  Onsen deh. Btw sore di area Kinugawa Onsen dingin banget uiy dan kita tidak bawa jaket pula (tanggal 17 April, masih angin-angin musim dingin nih). Kami pun memutuskan untuk menikmati free ashiyu (foot bath) di depan stasiun Kinugawa Onsen. Tidak lama setelah kami berendam kaki, hujan rintik-rintik mulai turun maka kami bergegas naik kereta ke stasiun yang dekat dengan Nikko (JR). Sayangnya kereta dari Kinugawa Onsen ke stasiun Nikko (Bukan Nikko (JR), berbeda yah) tidak di cover JR Pass, sehingga kita harus menggunakan Suica Card kita. Sesampai nya di statisun Nikko, kami harus berjalan kaki sekitar 200 meter ke stasiun Nikko (JR). Hujan masih berlangsung, untung nya setiap stasiun menyediakan payung gratis yang bisa kita pinjam. Cukup ambil di stasiun dan nantinya dapat di kembalikan di stasiun mana saja (tidak harus di kembalikan ke stasiun awal tempat kita mengambil). Dan kami pun melanjutkan perjalanan dari stasiun Nikko (JR) ke Tokyo.

Ashiyu (Foot Bath) Gratis di Depan Kinugawa Onsen Station

So jikalau teman-teman tidak ada niatan untuk Onsen, sebaiknya sih gk perlu ke Kinugawa. Cukup menghabiskan waktu sampai sore (di sesuaikan yah waktu dengan jam free shuttle nya) dan kembali ke stasiun Nikko (JR). Namun kalo tidak masalah untuk public Onsen, maka opsi ini cukup menarik.