23 September 2017

Budget Trip Japan - Day 5

Hujan mengguyur kota Tokyo sudah sejak jam 2 dini hari ketika saya terbangun karena petir menyambar cukup kencang. Ah pikir saya bagus lah hujan deras saja sekalian sehingga besok nya akan cerah. Bangun jam 6 pagi untuk persiapan seperti biasanya untuk melanjutkan perjalanan hari ke 5, namun ternyata hujan masih sama derasnya seperti jam 2 dini hari ketika saya terbangun. Oh why this rain ruined our trip, hikz.. (tapi akhirnya gk deh hehehe).. Akhirnya setelah diskusi kami pun memutuskan untuk menunggu sampai jam 8 pagi itu.

Mendekati jam 8 pagi, hujan masih rintik-rintik kecil. Kami pun memilih untuk jalan saja dengan meminjam payung yang tersedia di penginapan kami. Tujuan kami hari ini adalah trip ke Gotemba Factory Outlet untuk shopping sekaligus menikmati pemandangan Fuji San (Mount Fuji) yang sangat terkenal itu. Percaya tidak percaya, Fuji San info nya hanya muncul kurang lebih 80 hari dalam setahun lho dan selebihnya Fuji San yang pemalu ini akan mengumpet di balik kabut. Sayang kan kalo udah jauh-jauh kesini dan tidak bisa melihat Fuji San? Untuk itu bagi teman-teman travelers yang mau ke Jepang sebaiknya mengecek terlebih dahulu pada bulan apa Fuji San dapat dilihat dengan jelas.

Tips untuk melihat Fuji San yang saya gather dari beberapa sumber, yaitu umumnya Fuji San hanya muncul di Musim Dingin dan Musim Semi. Artinya di periode bulan Desember s/d Juni, Fuji San akan muncul sangat jelas kurang lebih selama 80 hari (random yah, bukan berarti 80 hari berturut-turut). Selain di bulan yang sudah di infokan, teman-teman juga harus memperhatikan tingkat ketebalan awan di kota Shizuoka. Shizuoka adalah prefektur dimana Fuji San berada. Untuk melakukan pengecekan dapat dilakukan di website ini http://www.worldweatheronline.com/. Teman-teman tinggal setting kota Shizuoka dan mengecek cloud (awan) nya. Fuji San dapat dilihat dengan sangat jelas jika ketebalan awan hanya 10% saat itu. Dan masih dapat dilihat cukup oke sampai dengan ketebalan awan 25%.

Source: worldweatheronline.com

Dikarenakan baru selesai hujan, pada saat perjalanan Shinkansen menuju Gotemba Station cuaca sudah mulai cerah sekali dan kami mengecek bahwa ternyata ketebalan awan tidak sampai 10% alias dibawah 10%. Cukup meningkatkan mood kami hari itu, hehehe.. Bagi yang suka berbelanja, Gotemba Factory Outlet adalah surga shopping. Hampir semua barang-barang branded tersedia disini dengan harga yang sangat bersahabat. Jadi kalau kesini jangan lupa siapin cash (Yen) yang cukup banyak yah, karena sebagai info aja nih kalo Jepang bukan negara yang bersahabat dengan pemakaian kartu kredit (VISA / Master). Kartu kredit mereka adalah yang JCB yang dapat di gunakan disini. Tidak banyak yang bisa menerima Visa / Master.

Gotemba Bus Map

Sesampainya di Gotemba Station, cukup ambil arah ke luar ke exit yang tidak mengarah ke jalan raya. Exit yang berseberangan dengan jalan raya ini menuju ke tempat parkir dan di tempat parkir ini ada stasiun bus untuk free shuttle ke Gotemba Factory Outlet. Teman-teman Travelers gak perlu takut salah bus kok, karena di body bus nya ada tulisan Gotemba Factory Outlet. Shuttle bus yang menuju ke Gotemba Factory Outlet available setiap 15 menit begitu pula shuttle bus yang kembali menuju Gotemba Station. Kalau gak salah ingat bus paling malam itu kayaknya sih jam 8 atau 9 malam gitu deh. Untuk informasi lebih detail bisa ditanyakan di tourist information center yang terletak di seberang Gotemba Station sih.

Time Schedule Shuttle Bus Gotemba Factory Outlet

Sesampainya di Gotemba Factory Outlet, jangan lupa mampir ke tourist information booth, dimana nanti nya dengan menunjukkan paspor akan di berikan kupon voucher yang dapat digunakan untuk mendapatkan diskon potongan harga ketika berbelanja di Factory outlet. Jangan lupa juga untuk mengambil map Gotemba Factory Outlet, karena di map tersebut ada di infokan spot-spot untuk mengambil foto Fuji San yang oke banget.

Fuji San Sore Hari Di Gotemba Factory Outlet

Puas berbelanja dan waktu sudah sekitar jam 4.30 sore, maka kami pun berbagi menjadi 2 Grup. Ada yang masih mau berbelanja di Gotemba, dan ada yang kepengen menikmati Onsen sambil menikmati pemandangan Fuji San. Grup yang melanjutkan untuk berbelanja di Gotemba karena jaim tidak mau onsen di public onsen, hehehehe.. Akhirnya kami ber 5 yang tidak keberatan untuk public onsen berangkat dengan free shuttle bus dari Gotemba Factory Outlet menuju Gotemba Onsen Kaikan (Onsen yang legendaris dan kami dapatkan informasi nya dari tourist information center di seberang Gotemba Station). Perjalanan bus tidak lama, hanya sekitar 10 menit sudah tiba di Onsen Kaikan Station dan cukup berjalan kurang lebih 50 meter sudah sampai di lokasi Onsen. Biaya untuk 3 hour pass dewasa adalah 500 Yen. Maksudnya 3 hour pass ini, kita dapat melakukan Onsen, kemudian istirahat di ruang santai dan dapat balik nyebur ke tempat Onsen semau kita selama 3 jam tersebut. Namun kita memutuskan untuk Onsen kurang lebih 30 menit, kemudian mandi bersih-bersih dan balik ke Gotemba Station sih karena sudah sore banget (mau malem). Karena sudah terlalu sore dan tidak ada bus lagi, mau gak mau kami harus menerima kenyataan pahit.. Balik ke Gotemba Station pake Taksi uiy... Udah kayak Horang Khayah.... 15 menit perjalanan (+ sempat balik ketika baru jalan 2 menit karena drama payung ketinggalan di tempat Onsen) biayanya adalah 7500 Yen (hampir 900 ribu rupiah). Kapok benar-benar kapok deh, lain kali cek dulu bus paling terakhir jam berapa.. Ternyata bus paling akhir adalah jam 5 sore.. Kiranya seperti di kota dimana bus paling akhir adalah jam 12 an malam, hehehehe.. pengalaman yang berharga dan mahal... Jadi kalo teman-teman travelers mau kesini, jangan terlalu sore yah. Oh iya 1 hal lagi, ketika sampe di station dan kita turun dari taksi nya, tukang taksi nya muka nya agak jutek karena teman ku tutup pintu mobil nya secara manual.. Baru tahu kalau di Jepang itu untuk buka dan tutup pintu adalah otomatis di kontrol oleh pengemudi.. Jadi kita cukup turun ketika pintu terbuka dan di tinggalkan saja gak perlu kita tutup.. Nanti akan tertutup sendiri.. Well noted pembelajaran juga untuk saya :p

Gotemba Onsen Kaikan

Memang benar-benar pengalaman Onsen di Gotemba Onsen Kaikan ini wajib di coba bagi yang tidak keberatan dengan Public Onsen. Berendam sambil menikmati pemandangan Fuji San sangat membekas dan pastinya saya akan kesini lagi kalau ada kesempatan main ke area Gotemba. Oh iya belum di infokan, kalo Onsen di Jepang ini kita harus benar-benar bugil tanpa sehelai pakaian pun lho yah. Biasa ada di kasih handuk kecil, namun handuk kecil ini juga tidak boleh kena air di Onsen. Rambut juga tidak boleh di celup ke kolam onsen. Hal ini untuk menjaga air di kolam Onsen tetap steril dan bersih, karena air di kolam onsen mengandung mineral-mineral dari Gunung Berapi yang masih aktif di Jepang yang berkhasiat untuk mempercantik dan mengencangkan kulit tubuh. Dan juga bagi yang bertato tidak diperbolehkan untuk Onsen (tidak tahu kenapa alasannya, tp pastinya semua public Onsen melarang yang bertato untuk Onsen).

No comments:

Post a Comment