23 September 2017

Budget Trip Japan - Day 6, 7 dan 8

Untuk pembahasan trip Day 6 sampai Day 8 saya gabungkan menjadi 1 artikel karena tidak banyak lokasi yang kami kunjungi di Day 6 sampai dengan Day 8.

Day 6
Hari ke 6 kami di Tokyo, tujuan kami adalah Tokyo Disney Sea. Kenapa bukan Disney Land? Kan lebih iconic dan ngetop Disney Land? Yah itu pertanyaan yang banyak kami dapat ketika share itinerary ke teman-teman yang lain. Disney Land sudah pernah kami kunjungi ketika ke HongKong, dan Tokyo Disney Sea untuk kawasan Asia cuma ada di Jepang. Jadi kita tidak melewatkan momen kami untuk ke Tokyo Disney Sea. Kenapa tidak pergi ke kedua nya saja? Karena kami tidak mau menghabiskan terlalu banyak waktu di Theme Park, waktu liburan kita terbatas. Jadi first come first based on priority saja.

Disney Sea Station

Oke kembali ke Tokyo Disney Sea, kami berangkat pagi sebelum theme park dibuka untuk umum supaya tidak menghindari antrian panjang ketika masuk. Untuk tiket masuk kita beli di Jakarta ketika sedang ada event Japan National Tourism Board (JNTB) di JTB Travel seharga 873,200 rupiah. Harga ini memang sedikit lebih murah ketimbang beli di lokasi 7400 Yen (sekitar 890 Ribu), namun kita menghemat waktu untuk antri beli tiket nya.

Disney Sea Photogenic Spot

Seperti di Dufan saja, untuk permainan di Disney Sea kita harus antri cukup lama. Untuk menikmati seluruh permainan disini, sudah memakan 1 hari penuh sampai dengan malam. Namun kita tidak menghabiskan waktu sampai kembang api disney dinyalakan karena nantinya akan susah mengantri kereta pulang. Maka tepat stengah 8 malam sebelum kembang api disney di mainkan, kita memilih untuk pulang dulu.

Seger... Es bentuk Mickey..

Secara keseluruhan, bagi yang belum pernah kesini dan ingin mencoba, yah boleh lah.. Rating yang kita berikan 6.5 / 10. Karena beberapa permainan menggunakan bahasa Jepang sehingga gk ngerti. Dan bagi yang bawa keluarga terutama anak-anak saya rating nya lebih tingg 7.5 / 10. Untuk lokasi cukup photogenic dan instagramable menurut saya. Tapi bagi yang ingin menikmati nuansa kota Jepang, mungkin Disney Sea / Disney Land bukan opsi yang tepat untuk di kunjungi.

Day 7
Hari ke 7, kami pagi-pagi sudah berberes-beres untuk persiapan pindah ke Osaka.. Good bye Tokyo, hehehehe...Shinkansen dari Tokyo ke Osaka memakan waktu 3 jam dan di cover full oleh JR Pass yah (gratis bagi pemegang JR Pass yang aktif). Sesampainya kami di Osaka, kami ke penginapan yang sudah kami book melalui AirBnB sebelumnya. Jika teman-teman travelers belum memiliki account AirBnB dan ingin mencoba traveling menggunakan AirBnB, dapatkan kupon potongan sampai dengan 350 ribu rupiah dengan referensi code saya ini. Sesampainya di penginapan, kami hanya drop tas kami dan bersiap-siap menuju Osaka Castle.

Ada serangan Bandit ketika lagi Tidur di perjalanan Tokyo - Osaka via Shinkansen

Osaka Castle hanya beberapa stasiun dari lokasi penginapan kami (ke Osakajo Station). Stasiun ini juga di cover JR Pass. Jarak lokasi Osaka Castle dari Station lumayan jauh, sekitar 500 an meter. Namun sepanjang perjalanan menuju Osaka Castle tidak membosankan, karena sekitar banyak jual jajanan, jadi ngemil time pun di mulai sebelum sampe castle.

Osaka Castle

Kami tidak naik ke Osaka Castle nya, karena bukan pecinta castle atau pun museum.. Maka kami hanya foto-foto di sekitaran komplek Osaka Castle dan berbelanja oleh-oleh di toko yang ada di depan Osaka Castle. Beberapa gantungan kunci dan magnet kulkas kami beli disini. Namun untuk snack-snack tidak di rekomendasikan beli disini karena harganya lumayan premium.

Kepiting Asap nya tidak boleh di lewatkan yang satu ini

Setelah puas menghabiskan waktu di Osaka Castle yang cukup luas, kami menuju Minami / Namba. Lokasi-lokasi yang wajib di kunjungi di sekitaran Minami / Namba adalah Dotonbori, Amerikamura, Hozenji Yokocho Alley, Shinsaibashi, Kuromon Market. Untuk menuju kesini, teman-teman dapat menuju stasiun Namba (JR) jika tidak ingin mengeluarkan dana tambahan untuk transportasi (di cover JR Pass). Memang jaraknya masih agak jauh dari Dotonburi, tapi This is Japan, Man... Jalan sedikit jauh tidak membosankan.. Tinggal mengikuti GPS di Google Maps saja dari stasiun Namba (JR) ke Dotonburi dan area sekitarnya. Dotonburi di kenal dengan tempat surga belanja dan penikmat makanan. Kepiting Asap (toko nya ada patung kepiting raksasa) dan Takoyaki (toko nya ada patung gurita raksasa) adalah yang paling recommended disini. Dan bagi pecinta tas Anello, mudah ditemukan sepanjang jalan di Minami / Namba. Tidak perlu takut palsu / KW, karena barang-barang yang dijual disini jaminan asli hehehehe...

Glico Man - Osaka

Dan pastinya yang tidak boleh di lewatkan kalau sudah berada disini yaitu foto dengan background Glico Man (iconic khas kota Osaka).. Memang tidak banyak spot di kota Osaka yang dapat kita kunjungi.. Namun sangat menyenangkan dan asyik untuk menikmati kota Osaka sambil menghabiskan waktu di Minami / Namba ini sampai malam.. Jika bukan karena keterbatasan waktu, menurut saya 1 hari di Minami / Namba ini kurang..

Day 8
Hari ke 8, kami mengunjungi Universal Studio Japan (USJ). Cuaca cerah dan mendukung hari ini. Salah satu alasan kita mengunjungi Universal Studio Japan adalah karena Harry Potter World tentu nya.

Welcome to Hogwarts

Pagi-pagi kami sudah jalan menuju ke USJ supaya tidak antri terlalu panjang ketika masuk ke lokasi dan tujuannya supaya kita bisa langsung menuju arena permainan Harry Potter World dan minimize antrian. Walau sudah pagi kita kesana, ternyata sudah rame uiy.. Sesuai plan awal, kita langsung menuju Harry Potter World dan bermain di sana terlebih dahulu sebelum antri panjang dan menggila. Cukup mengasyikkan dan menyenangkan, walau terkendala permainan ini untuk komunikasi nya menggunakan bahasa Jepang. Tapi overall oke lah..

Hogwarts School @Harry Potter World USJ

Di Harry Potter World, area di sulap supaya kita serasa di Hogwarts (sekolah sihir tempat Harry Potter bersekolah) dan juga ada Hogsmeade town dimana ketika libur musim dingin Harry Potter dan teman-teman nya bermain ke kota ini.. Selain berfoto ria, ada beberapa spot yang dapat di kunjungi di Harry Potter World, yaitu:
  1. Ollivanders - Tempat jual Wand (tongkat sihir)
  2. Zonko Joke Shop - Tempat jual pernak pernik aneh yang item-item nya sering muncul di movie
  3. Honey Dukes - Tempat jual Permen aneka rasa dan Coklat berbentuk kodok seperti yang di movie
  4. Gladracks Wizard Wear - Tempat jual pernak pernik pakaian (jubah dan syal) 4 kelas di Hogwarts.
Refreshing Butterbeer Hogsmeade

Dan yang pasti jangan di lupakan kalau sudah disini, wajib mencoba Butterbeer nya. Bukan Bir sih pastinya, karena tidak mengandung alkohol. Butterbeer semacam campuran minuman berperisa caramel dan butter dengan sedikit alkohol.

Inget Mobil Ini? hehehehe...

Untuk permainan lainnya di USJ, sebaiknya untuk menghindari antrian panjang dan habis waktu disini, saya menyarankan untuk masuk ke line antrian single rider saja jika tersedia. Ini salah satu trik yang kita gunakan untuk dapat memainkan seluruh permainan di USJ. Namun tidak semua permainan tersedia antrian line single rider sehingga kita harus mengantri cukup lama juga sih. Single Rider artinya kita akan di pecah-pecah menjadi sendiri-sendiri dan masuk ke permainan yang ada sisa tempat duduk. Beberapa permainan yang di rekomendasi di USJ selain Harry Potter World adalah Minion, Toy Story, Jaws, Amazing Spiderman, dan Shrek. Dan pastinya beberapa live show di USJ wajib di ikuti juga lho.

Shinsekai

Untuk USJ, kalau belum pernah mencoba boleh lah. Namun kalau mau menikmati kota Osaka, sebaiknya waktunya di maksimalkan di Minami / Namba saja seh hehehehe.. Selesai puas bermain di USJ, kami menuju salah satu red district kota Osaka, yaitu Shinsekai (Osaka New's World). Kenapa red disctrict? Karena Shinsekai merupakan tempat dimana banyak Yakuza berkeliaran dulu nya. Namun sekarang sudah di sulap pemerintah Jepang menjadi salah satu tempat destinasi wisata, khususnya wisata kuliner. Yang paling top di daerah ini adalah Kushikatsu (gorengan) nya. Untuk menuju ke sini, stasiun terdekat yang tercover JR Pass adalah Shin-Imamiya Station. Dari station ini cukup jalan kaki sekitar 200 meter (disarankan pakai google maps) biar tidak salah jalan.

Sumo Portion, hehehe...

Karena sudah sampai disini malam, kami memutuskan untuk makan malam disini.. Ada banyak restoran, namun yang paling menarik perhatian kami adalah restoran dengan patung Sumo. Ternyata ini adalah restoran langganan para Sumo dimana porsinya bener-bener jumbo uiy... 1 porsi para sumo kami sharing untuk 7 orang.. dan yang luar biasa adalah harganya murah.. ini yang terpenting hahahaha... dan pastinya harus enak donk lol...

To Be Continued Budget Trip Japan - Day 9 dan 10 (Coming Soon)